Cara Makan Mie Instan Agar Lebih Aman

Cara Makan Mie Instan Agar Lebih Aman

Cara Makan Mie Instan Agar Lebih Aman - Mi instant sebagai makanan yang banyak dimakan oleh orang dari beragam umur. Walaupun demikian, rupanya ada langkah aman agar dapat konsumsi mi instant ini.

Kepala Instalasi Nutrisi dan Produksi Makanan RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo Fitri Hudayani, SST., S.Gz, MKM, RD membagi strategi konsumsi mi instant dengan aman, satu diantaranya mempertimbangkan konsumsi supaya tidak kelebihan karbohidrat.

"mi instant masuk ke barisan bahan makanan dasar yakni satu barisan dengan nasi, roti, bihun, umbi-umbian, sereal, tepung-tepungan yang menjadi alternative alternatif bahan makanan dasar," kata Fitri beberapa lalu dikutip dari Di antara.

Fitri menerangkan jika nilai nutrisi satu buntel mi instant, tanpa minyak, sama dengan 150 g nasi. Saat konsumsi mi instant, Fitri merekomendasikan warga untuk mempertimbangkan bahan makanan dasar yang lain harus dikurangkan supaya kita tidak kelebihan energi dan karbohidrat.

Selainnya kelebihan energi, lemak pada bumbu minyak dan natrium pada bumbu bubuk mi instant penting diingat. Oleh karenanya, bila ingin konsumsi mi instant, Fitri menghimbau supaya seharusnya tidak menambah krupuk atau makanan asin dan berlemak yang lain.

"Kelebihan konsumsi mi instant yang lain yang hendak memunculkan permasalahan selainnya jumlah energi kandungan lemak dari bumbu minyaknya dan natrium yang terdapat di dalam bumbu," kata Fitri.

Dokter specialist nutrisi klinik yang anggota Perhimpunan Dokter Specialist Nutrisi Klinik Indonesia (PDGKI) Dr. dr. Luciana Sutanto, MS, SpGK (K), yang dikontak terpisahkan, menerangkan jika mi instant bisa digunakan sebagai menu untuk makan pagi atau penyeling malam hari.

Namun, untuk memperoleh faedah kesehatan, harus diakui kalori dan nutrien didalamnya. Disamping itu, Luciana menghimbau untuk menyimak bumbu-bumbu yang ditempatkan ke mi instant.

"Bila bumbu yang ditempatkan jumlah atau kandungannya terlalu berlebih (lebih dari yang disarankan oleh AKG/Angka Kecukupan Nutrisi) pasti memunculkan permasalahan kesehatan. Kandungan bumbu bisa disaksikan pada cap makanan," kata Luciana.

Selanjutnya, Luciana merekomendasikan untuk mengolah mi instant sama sesuai saran di paket. Langkah yang lain dapat dilaksanakan dengan menambahi sayur dan bahan makanan sumber protein untuk lengkapi nutrisi waktu konsumsi mi instant.

Artikel Lainnya :

LihatTutupKomentar